| KEPEMIMPINAN |
| (DEFINISI) (1) |
| THE LEADER |
| : the |
| person responsible |
| for the productivity |
| of the employee and the work group |
| A LEADER |
| : an |
| individual |
| who influences others to act |
| toward a particular goal or end state |
| LEADERSHIP |
| : the |
| relationship |
| between |
| two or more |
| people |
| in which one attempts to influence the other toward the |
| accomplishment of some goal or goals |
| LEADERSHIP |
| : the |
| ability to influence |
| a group toward the |
| achievement of goals |
| KEPEMIMPINAN |
| (DEFINISI) (2) |
| The behavior of group individual when he is |
| directing activities of a group toward a shared goal |
| (Hemphill & Coons, 1957) |
| Interpersonal influence, exercised in situation and |
| directed, through the communication process, |
| toward the attainment a specified goal or goals |
| (Tannenbaum, Weschler, Massarik, 1961) |
| MANAGERIAL LEADERSHIP |
| : a process of |
| directing |
| and |
| influencing |
| the task-related |
| activities of group members |
| Peran Pemimpin |
| Kelompok |
| dalam |
| Secara umum pemimpin dalam kelompok |
| adalah bertanggung jawab dalam |
| menggerakkan aktivitas dan motivasi anggota |
| kelompok untuk mencapai tujuan bersama |
| Pemimpin bertanggung jawab atas seluruh |
| staffing, trainning |
| aktivitas |
| & aktivitas lain |
| (Mintzberg) |
| LEADERSHIP vs HEADSHIP |
| (HOMOMAN, 1986) |
| Headship |
| diberlakukan terhadap |
| leadership |
| kelompok sedangkan |
| disetujui oleh anggota kelompok. |
| Headship |
| diberlakukan tanpa meminta |
| persetujuan dari yang dipimpin |
| sehingga bisa jadi bertentangan dengan |
| aspirasi yang dipimpin |
| LEADERSHIP vs HEADSHIP |
| (HOMOMAN, 1986) |
| Headship |
| dilakukan melalui sistem |
| leadership |
| organisasi sedangkan |
| diberlakukan melalui individu yang |
| merupakan anggota kelompok |
| Leadership |
| bottom-up |
| lebih bersifat |
| Leadership |
| headship |
| bisa mencakup |
| dan |
| mencakup pula semua gaya kepemimpinan |
| yang dilakukan oleh pimpinan maupun atasan |
| LEADERSHIP & MANAJEMEN |
| Manajemen umumnya berorientasi pada sasaran, |
| mengkoordinasikan kegiatan banyak orang untuk |
| mencapai sasaran |
| Aspek hubungan antar manusia tidak dipandang |
| tercakup dalam proses manajemen |
| Leadership |
| cenderung merupakan permasalahan |
| hubungan interpersonal, dimana pengaruh maupun |
| power |
| dipengaruhi oleh perasaan para anggota |
| kelompok satu sama lain |
| Proses manajemen dapat dianggap sebagai suatu |
| leadership |
| roda dan |
| merupakankekuatanyang |
| menggerakan roda untuk berputar |
| EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN |
| Kepribadian, pengalaman masa lalu, harapan |
| pemimpin |
| Karakteristik, harapan dan perilaku bawahan |
| Harapan dan perilaku rekan |
| Harapan dan perilaku atasan |
| Iklim & kebijakan organisasi |
| Kebutuhan tugas |
| KEPEMIMPINAN |
| BUDAYA KERJA DI INDONESIA |
| BUDAYA KERJA KOLEKTIF |
| KEBERSAMAAN |
| MANUSIA |
| HOLISTIK |
| HOLISTIK |
| : tidak ada pemisahan yang jelas antara |
| kehidupan profesional dan kehidupan sosial |
| masyarakat |
| (KONSEPSI NASIONAL) |
| KONSEP KEPEMIMPINAN |
| : |
| ING MADYA MANGUN KARSA |
| ING NGARSA SUNG TULADA |
| TUT WURI HANDAYANI |
| KEPEMIMPINAN |
| STUDI CIRI KEPEMIMPINAN DI INDONESIA |
| Rasa takut, malu & sungkan yang sangat tinggi |
| (HARTANTO, 1991) |
| Cenderung menghindari ketidakpastian |
| (HARTANTO, 1991) |
| Hormat pada atasan yang berperan pro-aktif dan |
| tidak diimbangi oleh sikap konsiderat atasan |
| (O. |
| PUTRO, 1991) |
| Kurang menyukai formalitas |
| (RUDITO, 1991) |
| (power distance) |
| Dimensi jarak kuasa |
| yang tinggi |
| (HARTANTO, 1986) |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (1) |
| Great-manTheory: |
| Setiap jaman memiliki pemimpin besar. |
| Perubahan sosial terjadi karena para |
| pemimpin besar memulai & memimpin |
| perubahan & menghalangi orang lain yang |
| berusaha membawa masyarakat kearah yang |
| berlawanan |
| (James, 1980) |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (2) |
| Trait Theory: |
| Pemimpin memiliki ciri-ciri kepribadian & karaktek |
| yang berbeda dengan orang kebanyakan |
| Contoh: kemampuan adaptasi terhadap situasi, |
| decisive |
| kepekaan sosial, ambisius, asertif, kooperatif, |
| , |
| dapat diandalkan, keinginan untuk mendominasi, |
| resistance |
| energik, percaya diri, |
| terhadap stres & mau |
| mengemban tanggung jawab |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (3) |
| Situational Theory: |
| Kepemimpian dipengaruhi oleh situasi dimana faktor- |
| faktor tertentu dari situasi menentukan ciri-ciri |
| pemimpin yang sesuai untuk situasi tersebu |
| Munculnya pemimpin dalam suatu organisasi |
| tergantung pada aspek karakteristik birokrasi, |
| organisasi informal, karakteristik hubungan antara |
| atasan bawahan, rancangan tugas yang |
| memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri dan |
| aspek kesesuaian antara sasaran organisasi dengan |
| (Bennis, 1981) |
| sasaran individual para anggotanya |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (4) |
| Personal Situational Theory: |
| Situasi tidak memadai untuk memunculkan |
| pemimpin, pemimpin perlu |
| bantuan |
| (rekayasa) untuk dapat muncul |
| Kepemimpinan dihasilkan oleh ciri |
| kepribadian pemimpin, karakteristik kelompok |
| dan anggotanya dan kejadian yang dihadapi |
| pada saat itu |
| (Case, 1993) |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (5) |
| Karakteristik Pemimpin |
| (Field-Dynamic Law - |
| Brown, 1936): |
| Diakui sebagai anggota kelompok |
| Memiliki hubungan interpersonal yang kuat |
| Beradaptasi dengan struktur hubungan yang |
| sudah ada |
| Memahami ke arah aman struktur akan berubah |
| Sadar bahwa makin kuat kepemimpinan maka |
| makin tidak bebas si pemimpin itu sendiri |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (6) |
| Psikoanalysis Approach: |
| Perilaku kepemimpinan dengan mempelajari kanak- |
| kanak serta masa pertumbuhan pemimpin dalam |
| keluarganya |
| Figur ayah |
| sebagai sumber imajinasi gaya |
| kepemimpinan karena figur ayah merupakan sumber |
| rasa kasih sayang sekaligus rasa takut, perwujudan |
| super ego & sebagai saluran emosional bagi rasa |
| frustasi dari para pengikutnya |
| (Freud et all) |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (7) |
| Psikoanalysis Approach: |
| Pemimpin kharismatik |
| muncul karena disamping |
| kebesaran |
| mereka pada saat yang |
| tepat |
| orang- |
| orang di sekelilingnya sedang membutuhkan |
| pertolongan dan atau tempat bergantung (Kets de |
| Vries, 1980) |
| Hubungan pemimpin pengikut seperti anggota |
| keluarga (ex: Mafia) |
|
|
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (8) |
| Political Approach: |
| Teori politik secara implisit maupun eksplisit telah |
| menjelaskan ciri dan persyaratan pemimpin yang |
| diinginkan |
| Humanistic Approach: |
| Pronsip demokrasi dan kebebasan individu |
| Teori X & Teori Y (Mc. Gregor), dll |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (9) |
| Path Goal Theory: |
| Pemimpin akan berhasil apabila ia mampu |
| menunjukkan kepada bawahannya apa yang |
| akan diperoleh sebagai reward dan juga jalur |
| perilaku |
| yang harus dilakukan bawahan |
| (path) |
| untuk memperoleh reward tersebut |
| (Jones, |
| Evans, 1970) |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (9) |
| Contingency Theory: |
| Efektivitas pimpinan yang berorientasi pada tugas |
| atau berorientasi pada relasi |
| (task oriented) |
| (relation |
| akan bergantung pada corak tuntutan |
| oriented) |
| situasi |
| (Fiedler) |
| Corak tuntutan situasi ditentukan oleh baik atau |
| tidaknya hubungan pimpinan-bawahan, kompleksitas |
| & kejelasan struktur tugas serta mudah-sulitnya |
| tugas tersebut dilaksanakan |
| TEORI KEPEMIMPINAN |
| (10) |
| Leader Role Theory: |
| Karakteristik individu & tuntutan situasi |
| menyebabkan pimpinan dengan corak |
| tertentu akan muncul |
| Pemimpin bertindak & berperilaku terhadap |
| apa yang diharapkan dari pimpinan dan |
| bagaimana persepsi pimpinan tentang peran |
| yang harus dijalankan |
| SITUASIONAL THEORY |
| HERSEY & BLANCHARD’S (1) |
| (maturity) |
| FOKUS |
| : tingkat kematangan |
| bawahan |
| MATURITY |
| The ability and willingness of people to |
| : |
| take resposibility for directing their own behavior |
| 2 komponen: |
| JOB MATURITY |
| : Knowledge, ability, experience to perform |
| job tasks without direction from others |
| PSYCHOLOGICAL MATURITY |
| : willingness or motivation |
| to do something |
| SITUASIONAL THEORY |
| HERSEY & BLANCHARD’S (2) |
| M1 |
| : People are both |
| unable and unwilling |
| to take |
| responsibility to do something, they are neither |
| competent nor confident |
| M2 |
| : People are |
| unable but willing |
| to do necessary |
| job tasks, they are motivated but currently lack the |
| appropriate skills |
| M3 |
| : People are |
| able but unwilling |
| to do what the |
| leader wants |
| M4 |
| : People are both |
| able and willing |
| to do what is |
| asked of them |
| SITUASIONAL THEORY |
| HERSEY & BLANCHARD’S (3) |
| TELLING |
| (HIGH TASK - LOW RELATIONSHIP) : The leader defines |
| roles and tells people |
| what, how, when |
| and |
| where |
| to do various |
| tasks, it empasizes directive behavior |
| SELLING |
| (HIGH TASK - HIGH RELATIONSHIP) : The leader provides |
| both |
| directive |
| behavior and |
| supportive |
| behavior |
| PARTICIPATING |
| (LOW TASK - HIGH RELATIONSHIP) : The leader |
| and follower |
| share in decision making |
| , with the main role of the |
| leader being |
| facilitating and communicating |
| DELEGATING |
| (LOW TASK - LOW RELATIONSHIP) : The leader |
| provides |
| little direction or support |
| KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL |
| (BURN,1978) |
| PEMIMPIN TRANSAKSIONAL: |
| Memotivasi bawahan melalui pemberian |
| imbalan |
| atas apa yang telah mereka lakukan |
| KARAKTERISTIK |
| : |
| 1. Mengetahui keinginan bawahan |
| 2. Memberikan imbalan atau janji |
| 3. Responsif terhadap kepentingan bawahan |
| KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL |
| (BURN,1978) |
| Asumsi |
| : |
| Bawahan mempunyai kemampuan untuk melakukan |
| usaha |
| Pimpinan transaksional memberitahukan |
| tugas yang harus dikerjakan agar bawahan |
| bisa memperoleh penghasilan tertentu |
| KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL |
| (BURN,1978) |
| Kondisi eksternal : |
| Struktur lingkungan luar (baik, norma kuat, status |
| quo, sosial, ekonomi) |
| Kondisi perubahan (lambat, tidak stabil, ketidak |
| pastian rendah) |
| Kondisi pasar (stabil) |
| Pola hubungan kepemimpinan (orang tua/pimpinan |
| sebagai: pengawas, pengontrol, tidak ada ekspresi |
| kasih sayang) |
| KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL |
| (BURN,1978) |
| Kondisi internal: |
| Struktur Organisasi (mekanistik, peraturan, prosedur |
| jelas, sentralisasi tinggi) |
| Teknologi Organisasi (teknologi proses, kontinue, |
| mass-production) |
| Sumber kekuasan & pola hubungan anggota |
| organisasi (sumber kekuasaaan di dalam struktur, |
| hubungan formal) |
| Tipe kelompok kerja (kerja tim, sifat pekerjaan |
| umumnya engineering) |
| KEPEMIMPINAN |
| TRANSFORMASIONAL |
| (BURN,1978 & BASS, 1985) |
| (1) |
| PEMIMPIN TRANSFORMASIONAL : |
| Memotivasi bawahan untuk bekerja demi tercapai |
| sasaran organisasi dan memuaskan kebutuhan |
| mereka pada tingkat lebih tinggi |
| Proses Transformasi |
| : |
| mendorong dan meningkatkan kesadaran |
| bawahan serta menunjukkan cara untuk |
| mencapainya (sasaran tercapai) |
| mendahulukan kepentingan kelompok |
| meningkatkan kebutuhan bawahan |
| KEPEMIMPINAN |
| TRANSFORMASIONAL |
| (BURN,1978 & BASS, 1985) |
| (2) |
| Akibat |
| : |
| Bawahan merasa percaya, kagum, loyal & respek |
| Bawahan termotivasi untuk berbuat lebih banyak |
| dari pada biasa yang dilakukan & diharapkan |
| KEPEMIMPINAN |
| TRANSFORMASIONAL |
| (BASS, 1985) (3) |
| Karakteristik Perilaku |
| : |
| PERILAKU KHARISMATIK |
| : |
| Muncul dari perubahan situasi yang cepat, krisis & tekanan |
| Menggunakan pengaruh untuk mendukung imajinasi mereka |
| INSPIRASIONAL |
| : |
| Membangkitkan kualitas emosi, perasaan bersemangat, |
| mendorong instuisi, kebaikan pada diri orang lain |
| KEPEMIMPINAN |
| TRANSFORMASIONAL |
| (BASS, 1985) (4) |
| STIMULASI INTELEKTUAL |
| : |
| Tujuan: Meningkatkan kemampuan bawahan, menekankan |
| logika, analisa, rasionalitas untuk menimbulkan inovasi, cara |
| baru menyelesaikan masalah, memahami konsep, berpikir |
| KONSIDERASI INDIVIDUAL |
| : |
| Mengekspresikan penghargaan pekerjaan untuk pekerjaan |
| yang dilakukan dengan baik |
| Mengkritik kelemahan bawahan secara konstruktif |
| Memberikan pekerjaan khusus sehingga percaya diri |
| bawahan naik |
| Mempergunakan bakat khusus bawahan dan memberikan |
| kesempatan untuk belajar |
| KEPEMIMPINAN |
| TRANSFORMASIONAL |
| (BASS, 1985) (5) |
| Kondisi eksternal: |
| Struktur lingkungan luar (ada tekanan terhadap |
| situasi, ketidakpuasan masyarakat) |
| Kondisi perubahan (berubah cepat, bergejolak, |
| ketidakpastian) |
| Kondisi pasar (turbulen) |
| Pola hubungan kepemimpinan (orang tua:pemimpin) |
| sebagai penolong untuk mencapai tujuan, kasih |
| sayang, tidak ada jarak) |
| KEPEMIMPINAN |
| TRANSFORMASIONAL |
| (BASS, 1985) (6) |
| Kondisi internal: |
| Struktur Organisasi (organik, prosedur adaptif, |
| otoritas tidak jelas, desentralisasi) |
| Teknologi Organisasi (teknologi batch) |
| Sumber kekuasan & pola hubungan anggota |
| organisasi (sumber kekuasaan penguasaan informasi, |
| hubungan informal) |
| Tipe kelompok kerja (kerja tim-variatif, sifat |
| pekerjaan umumnya yang memerlukan kreativitas |
| tinggi, craft:keahlian, heuristic:tidak terstruktur) |
| KEPEMIMPINAN KHARISMATIK |
| (WENNIS) |
| KARAKTERISTIK |
| KOMPETENSI : |
| Kemampuan merumuskan visi |
| Kemampuan memberikan komunikasi visi |
| dengan jelas, sehingga bawahan |
| terdorong untuk memberikan komitmen |
| Konsisten dan mampu dalam menjalankan |
| visi |
| Menyadari kekuatan sendiri (sebagai |
| modal sendiri) |
| KEPEMIMPINAN KHARISMATIK |
| (CONGER & KANUNGO, 1988) |
| KARAKTER KUNCI: |
| Percaya diri sendiri : kemampuan mengambil |
| keputusan & berpendapat |
| Visi : masa depan, tidak puas status quo |
| Kemampuan berkomunikasi : menjelaskan visi |
| Keyakinan kuat terhadap visi : menetapati komitmen, |
| resiko besar |
| Perilaku yang diluar kebiasaan : Sukses kekaguman |
| bawahan |
| Agen perubahan : Perubahan radikal secara hati-hati |
| Sensitivitas terhadap lingkungan |


Tidak ada komentar:
Posting Komentar